Rabu, 22 Mei 2013

Tebak-Tebakan (1) untuk Guru Bahasa Indonesia

Menunggu waktu habis dan bingung mau ngapain?
Kasih saja anak-anak tebak-tebakan
dikumpulkan oleh: Hari Untung Maulana



TEBAK-TEBAKAN
BAHASA INDONESIA

Kalo guru sedang iseng atau memang karena pas dengan materi yang diajarkan, guru dapat mengajukan tebak-tebakan jenius ini!

1.      Kenapa dinamakan pempek kapal selam
Karena dina lapar. Jadi Dina Makan pempek kapal selam.

2.      Apa makna imbuhan per pada kata perkedel
Tidak ada maknanya, karena per pada perkedel bukan merupakan imbuhan (ini mah serius!)

3.      Siapa nama orang yang kalau mati malah diselamati
Mbak Menik. Buktinya, di kardus ada tulisan “Selamat Menik Mati”

4.      Pekerjaan mudah apa yang harus dimulai dengan rapat
Menutup botol obat. Ada tulisan di kotaknya. “Tutuplah botol dengan rapat.”

5.      Kenapa seorang juragan yang sangat pelit senang sekali begitu masuk kantor pajak.
Karena dia membaca tulisan di dinding. “Bayarlah Pajak Anda dengan Senyum.”. Soalnya dia sempat berpikir kalau bayar pajak harus  pakai uang.

6.      Apa arti dari kata “pecah” ?
Pecah berarti membeli. Lihat aja di swalayan

7.      Apa yang dimaksud dengan waktu?
Waktu adalah uang. Lihat aja di bis kota

8.      Rambutan berambut, durian berduri, anggur berapa?
5000 rupiah sekilo

9.      Si...si...apa yang menakutkan ...................... siluman
Si...si...apa yang bikin ramai ....................... sirene
Si...si...apa yang paling ganteng ........................ saya.
Kan tadi nanya, siapa?

10.  Tentara apa yang paling kecil?
Tentara Sekutu

11.  Pelukis apa yang tidak bisa menggambar makhluk hidup?
Pelukis Jalanan. Bisanya cuma menggambar jalanan

12.  Ada berapa hurufkah dalam alfabet?
Ada 7 huruf. A – L – F – A – B – E – T

13.  Usaha apa yang selalu diakhiri dengan gulung tikar
Penjual pecel ayam lesehan. Pasti terakhirnya gulung tikar.

14.  Meski kedua-duanya adalah baku, mengapa menurut beberapa orang istilah lanjut usia lebih sopan daripada usia lanjut.
Karena Lanjut Usia jika disingkat menjadi LANSIA
Nah, kalau Usia Lanjut jika disingkat malah menjadi SIALAN

15.  Ayam apa yang paling sadis
Ayam Bakar Wong Solo dan Ayam Bakar Nyonya Suharti

16.  Tahu apa yang paling besar
Tahu Isi Sumedang

17.  Dimanakah seorang anak kecil, ibu-ibu, mbak-mbak, remaja, dan nenek-nenek dapat berubah menjadi seorang kakek-kakek.
Di angkot. Soalnya banyak yang bilang ‘Geser Dikit Kek!’.

18.  Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan kata barangkali
Batu, kerikil, air, dan ikan adalah barang kali.

19.  Suku apa yang tidak punya keturunan tetapi gak pernah habis?
Suku cadang


20. Shalat boleh gak dilanggar?
Boleh… kan di langgar. (dalam kamus besar bahasa Indonesia pengertian langgar adalah musala à tempat beribadah umat Islam

21. Boleh gak pakai sarung ketika shalat?

Gak boleh, masak ketika shalat yang seharusnya kita tenang dan khusyuk malah kita pakai sarung.


22.  Kenapa sesungguhnya doa-doa kita yang bunyinya ‘Ya Tuhan, sembuhkanlah penyakit saya’ adalah salah?
Karena berarti kita minta supaya penyakit yang sudah lemah karena diobati menjadi kuat lagi, jadi kita gak sembuh-sembuh. Seharusnya, ‘Ya Tuhan, sembuhkanlah diri saya.’

23. Benarkah waktu adalah uang?
Salah. Karena waktu menurut KBBI adalah …. Lagi pula, seorang kondektur bis maunya pasti kalau di kasih uang dan pasti tidak mau dikasih waktu. 

24. Siapa nama operator telepon yang terkenal se Indonesia
Bapak Kamidi.... seringkan tuh kita dengar... Hubungi Kamidi 02167354

Tidak ada komentar: