Minggu, 12 Mei 2013

Yang Kuingat: Permainan Tradisional 4


Tiga permainan tradisional di bawah membutuhkan tempat yang agak luas.
bisa tanah lapang, bisa juga ubin (khusus taplak meja).
Yang penting, datar dan tidak ada tonjolan batu di sana.

Permainan Tradisional Taplak Meja

Tanah lapang dibuat polanya.
yaitu 6 bujur sangkar: 2 kolom x 3 baris
Kotak pertama adalah kotak start dan terakhir kotak nomor 6 -->

Pemainnya jangan banyak-banyak, 6 saja cukup. Permainan ini bersifat individu, bukan kelompok.
Diundi untuk menentukan yang jalan pertama dan yang jalan berikutnya.
Bahan yang disiapkan adalah pecahan ubin atau pecahan genteng sebagai alat bermain kita sebut saja genteng

Urutan permainan

BABAK PERTAMA
  1. Pemain berdiri di luar kotak start
  2. Pemain melemparkan genteng ke kotak start. Genteng yang menggelinding ke luar kotak start mengakibatkan pemain batal main dan digantikan pemain berikutnya.
  3. Setelah genteng mantap di kotak start, pemain segera memasuki kotak start dengan satu kaki (dingkring) terserah kaki yang mana yang paling kuat. karena selama permainan, pemain hanya menggunakan satu kai dan dilarang berganti kaki.
  4. Dengan kaki yang masih menapak, pemain harus berusaha memindahkan genteng dari kotak start ke kotak 1, demikian seterusnya sampai kotak 6 dan sampai keluar kotak.
  5. Jika selama proses pemindahan, gentengnya sampai melewati garis dari kotak yang dimaksud, maka permainan pemain tersebut batal dan digantikan pemain selanjutnya.
  6. Pemain yang berhasil menyelesaikan tantangan pertama di babak pertama, maka dia boleh menempatkan gentengnya di kotak start sebagai awalan berikutnya (tantangan kedua di babak pertama)
  7. Jika pemain sudah menyelesaikan tantangan kedua (sama seperti tantangan pertama), maka pemain boleh menempatkan gentengnya pada kotak ke-3 sebagai awalan.
  8. Tetapi. Untuk menuju ke kotak ke-2, ke-3, dst. pemain harus melompat, melewati kotak-kotak yang lain dan mendarat mulus di dalam kotak yang dimaksud. Mendaratnya boleh dengan dua kaki. dilanjutkan menggeser genteng secara dingkring.
  9. Babak Pertama dianggap selesai jika sudah ada orang pertama yang menyelesaikan semua tantangan di babak pertama. dia dianggap juara babak pertama.
BABAK KEDUA

  1. Sambil tetap dingkring, pemain harus melewati semua kotak dari start sampai kotak 6 sambil meletakkan gentengnya di atas tangan telapak tangan
  2. Pemain harus selamat sampai kotak nomor 6.
  3. Jika genteng jatuh, maka dimulai dari awal babak kedua.
  4. sampai di kotak 6, pemain harus melempar genteng ke atas dan menangkapnya dengan satu tangan yang membawa genteng tadi



BABAK KETIGA, KEEMPAT, KELIMA
Sama seperti babak kedua, hanya saja posisi
genteng berubah seperti
gambar di bawah


BABAK KEENAM

Genteng dikepit di ketek. terserah ketek yang mana, yang penting di kotak 6, pemain harus bisa mengambil genteng tersebut dari ketek yang dilonggarkan kepitannya.



BABAK KETUJUH
Genteng dikepit oleh siku tangan. sama seperti babak ke enam, setelah sampai pada kotak 6. pemain harus melontarkan genteng dari kepitan siku dan menangkapnya.

BABAK KEDELAPAN
Genteng diletakkan di atas kepala. Pada kotak 6, pemain harus dapat menangkap gentang yang meluncur dari kepala pemain yang dianggukkan perlahan. Ingat Pemain harus tetap dalam keadaan dingkring. Sebenarnya dingkring hanya dilakukan ketika melewati garis. selama dalam kotak, pemain boleh hanya menggeser telapak kakinya.

BABAK KESEMBILAN
Genteng dikepit oleh ibu jari dan telunjuk kaki. Kaki yang digunakan adalah kaki yang berayun. Pada kotak ke enam, kaki tersebut harus melemparkan gentang ke atas dan ditangkap oleh tangan.

BABAK KESEPULUH
Genteng diletakkan di atas tapak kaki dan kaki diayunkan namun tetap menjaga agar genteng tidak terlempar. Ikuti saja gerakan kaki. boleh beristirahat. ketika sampai kotak 6 maka genteng dilontarkan dan pemain berusaha menangkap genteng tersebut.

HOTEL
Pemain pertama yang sudah menyelesaikan kesepuluh babak, berhak mendapatkan 1 hotel, yaitu kotak start. Jadi, jika permainan masih lanjut dan kembali ke babak pertama. maka pemain yang pertama menyelesaikan sampai babak kesepuluh. boleh memulai dari Hotelnya. sedangkan pemain lain, mulai saat itu, harus melompati hotel pemain lain.

Lama gak sih mainnya, enggak juga. kalau semangat main, paling-paling cuma 1 jam

hikmah: melatih kesabaran, keseimbangan, strategi, melatih otak kanan juga nih.

__________________________________________________________________________________
permainan tradisional, ayo bermain, mainan tradisional, jangan tinggalkan permainan tradisional, tata cara permainan tradisional, permainan zaman dulu, permainan masyarakat desa, permainan terang bulan, bahan-bahan permainan tradisional, urutan permainan tradisional, cara bermain permainan tradisional, permainan rakyat, mari bermain permainan tradisional, permainan taplak meja, permainan bocah, anak-anak bermain tradisional, permainan menyenangkan, bermain di halaman, lestarikan permainan tradisional, jagalah permainan tradisional, bermain sambil bergerak, ayo kawan kita bermain permainan tradisional, main-main, permainan desa, permainan tempo dulu, permainan yang kuingat, menyelamatkan permainan tradisiona, macam-macam permainan tradisional, 4 jenis permainan tradisional, 4 macam permainan tradisional, permainan tradisional di Indonesia, hilangnya permainan tradisional, metode permainan tradisional






                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberi masukan